Contoh Review Buku yang Simple Bagi Para Mahasiswa

Contoh Review Buku yang Simple Bagi Para Mahasiswa

Wajib Tahu, Inilah Contoh Review Buku yang Simple Bagi Para Mahasiswa – Di tengah pandemi saat ini, banyak sekali hal yang berubah dari berbagai aspek apapun itu. Salah satunya ialah dunia pendidikan, di mana saat ini pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk belajar dari rumah saja. Tentunya ini pun memiliki kekurangannya tersendiri, karena pengajar dengan pelajar tidak bertatap muka secara langsung.

Kerap kali bagi mahasiswa mendapatkan tugas untuk review buku, bahkan beberapa jurusan yang diharuskan menterjemahkan isi buku dalam bahasa inggris. Ini sebuah kendala serius bagi mahasiswa yang mungkin tidak terlalu mahir dalam terjemah bahasa, terlebih lagi mereview buku yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa asing. Rekomendasi terbaik yakni menggunakan jasa penerjemah tersumpah April 2021 CETRO.

jasa penerjemah tersumpah

Terlebih lagi, sistem belajar di rumah ini pun menjadikan pengajar lebih banyak memberikan tugas kepada para siswa ataupun mahasiswanya. Salah satu tugas yang paling sering harus diselesaikan adalah me-review buku. Nah, tentunya untuk bisa me-review buku ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu contoh review buku yang baik dan juga sederhana.

Identitas Buku

Contoh review buku yang simple dan baik yakni menulis informasi identitas buku yang akan di-review. Dalam hal ini, Anda bisa menyantumkan judul buku, penulis dan penerbit, ISBN, halaman, tahun terbit, dan juga halaman keseluruhan buku tersebut. Nah, biasanya data-data tersebut bisa Anda dapatkan di sampul depan atapun belakang dari buku tersebut.

Informasi dasar seperti ini sangat diperlukan dalam menulis sebuah review buku yang mana judul buku, penulis buku dan lain sebagainya itu hal wajib dalam proses pengenalan sebuah buku yang akan direview.

Deskripsi Buku

Setelah menulis identitas buku, langkah selanjutnya yaitu mendeskripsikan isi dari buku tersebut. Untuk bisa mendeskripsikannya tentu Anda harus membaca secara keseluruhan buku yang akan di-review. Untuk bisa memudahkan Anda dalam mendeskripsikannya, Anda bisa menggunakan rumus pertanyaan 5W+1H.

Misalnya,

  1. Apa yang menarik dari buku tersebut?
  2. Siapa saja tokoh yang diceritakan?
  3. Kejadian apa saja yang terjadi?
  4. Bagaimana penyelesaian masalah dalam cerita?

Gaya Tulisan

Selanjutnya, contoh review buku yang baik dan benar ialah dengan menyantumkan gaya penulis, setting serta alur yang diceritakan. Seperti contohnya, alur yang digunakan dalam buku tersebut yakni alur maju sehingga para pembaca terus digiring untuk mengetahui kelanjutan dari cerita atau buku tersebut.

Kemudian gaya tulisan atau gaya bahasa yang digunakan dalam cerita tersebut misalnya,

Gaya santai ala anak muda, karena tokoh utama dalam cerita tersebut adalah aku (anak muda 20 tahun).

Kesimpulan Buku

Langkah terakhir untuk bisa me-review buku dengan baik yaitu dengan menyantumkan kesimpulan. Di sini Anda bisa merekomendasikan buku tersebut cocok untuk dibaca oleh siapa saja. Selain itu, Anda pun bisa menyampaikan harapan kepada penulis ataupun para pembaca yang akan membaca buku tersebut.

Ini menjadi hal yang cukup penting dikarenakan tidak semua cerita dalam buku dapat diterima oleh semua orang, ada beberapa orang yang tidak suka dengan cerita kebarat-baratan, atau ada yang suka dengan kisah cinta penduduk lokal, dan lain sebagainya.

Jasa Penerjemah Tersumpah April 2021

Seperti yang kami jelaskan pada awal pembahasan, kami (CETRO) menawarkan jasa terjemah dokumen, surat penting, dan lain sebagainya. Hasil terjemahan kami dijamin berkualitas tinggi karena dikerjakan secara manual oleh orang yang bersertifikat sebagai penerjemah tersumpah, pada setiap dokumen yang kami translate akan mendapatkan Affidavit atau surat pernyataan bahwa hasil tersebut telah lolos koreksi manual oleh penerjemah tersumpah di KEMENLU (Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia).

Itulah ulasan mengenai contoh review buku yang terbilang cukup sederhana bagi para mahasiswa secara umum. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa cara review buku ini akan disesuaikan kembali dengan buku yang akan di-review. Pasalnya, setiap jenis buku memiliki caranya tersendiri. Contohnya, ketika Anda me-review buku penelitian, maka akan sangat berbeda ketika me-review buku ataupun novel. Oleh karena itu, sebelum memulai untuk me-review-nya maka alangkah lebih baiknya untuk mengetahui jenis bukunya seperti apa. Semoga bermanfaat ya!